Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Sumber daya manusia merupakan faktor penting penentu keberhasilan sebuah perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu memberikan perhatian secara intensif mengenai manajemen sumber daya manusia meliputi tahapan rekrutmen dan seleksi, asesmen, pengembangan, serta pengelolaan sumber daya manusia secara umum.

Penempatan “The Right Man on The Right Place” sangat penting untuk menunjang efektifitas dan kinerja perusahaan. Adanya isu organisasi pada era persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini mendorong organisasi untuk menitikberatkan pada usaha-usaha peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki.

Kompetensi merupakan karakteristik yang mendasari perilaku yang menggambarkan motif, karakteristik pribadi (kepribadian), konsep diri, nilai-nilai, pengetahuan atau ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang dan mempengaruhi keseluruhan aspek hidupnya terutama dalam setting ditempat kerja. Bagi organisasi atau perusahaan, dengan adanya aset manusia yang kompeten, maka akan mendorong pada tercapainya pertumbuhan ekonomi sebagaimana yang diharapkan.

Maka, untuk memahami dan memenuhi tuntutan perkembangan dunia bisnis saat ini, kami berusaha mengakomodir kebutuhan organisasi dengan menekankan manajemen kompetensi yang diterapkan atau diaplikasikan dalam pengelolaan dan manajemen sumber daya manusia secara keseluruhan.

Beberapa jenis jasa layanan yang disediakan meliputi :
1. Rekrutmen dan Seleksi
Proses pencarian dan pemilihan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria atau spesifikasi tertentu yang dituntut oleh suatu jabatan tertentu, yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.

2. Review Potensi ( Potential Review )
Proses evaluasi terhadap kompetensi, potensi, dan kapabilitas yang dimiliki oleh tenaga kerja yang sudah menjadi bagian dari organisasi. Hasil review potensi dapat digunakan untuk tujuan promosi, transfer ( mutasi dan rotasi ), demosi, serta inventarisasi profil karyawan. Hal ini dilakukan untuk merefresh, meningkatkan motivasi dan performansi kerja para karyawan, serta untuk kepentingan pengembangan organisasi.

3. Asesmen Psikologis
Proses asesmen atau peneraan terhadap kompetensi-kompetensi manajerial, baik dari aspek potensi maupun perilaku, yang dimiliki oleh kandidat. Metode ini menggunakan multi-metode secara integral dan komprehensif. Asesmen psikologis sangat sesuai untuk mengidentifikasi potensi kandidat yang akan menempati posisi manajerial seperti :
• Manajemen Utama (Puncak)
• Manajemen Madya
• Manajemen Pratama (Lini)

4. Manajemen Sumber Daya manusia

Optimalisasi pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi dapat dilakukan melalui berbagai sisi baik pembenahan dalam sistem organisasi, pembenahan struktur, kelompok kerja, maupun pembenahan individual. Pelayanan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia meliputi Analisis jabatan; sistem Penilaian Kinerja (Pembenahan / Penyusunan sampai pada Penerapan) berbasis Kompetensi, berbasis Hasil (Management by Objectives), berbasis Kinerja, dan lainnya; Sistem Remunerasi / Reward system, dan People Development (melalui training, coaching, counseling, workshop, dan sebagainya)

5. Training (Pelatihan) Peningkatan Kompetensi SDM
Training merupakan salah satu program dari people development yang spesifik memberikan pelayanan peningkatan pengetahuan (knowledge), ketrampilan (Skill), Kemampuan (Ability), dan berbagai karakteristik pribadi (motivasi, Emotional Intelligence, Social Intelligence, Personality, Kepercayaan diri, Asertivitas diri, Team Building) baik dalam bentuk In Class / Indoor activity maupun Outdoor Activity. Penggunaan berbagai metode belajar disesuaikan dengan tema dan kebutuhan pelatihan. Jasa ini termasuk juga melakukan analisis kebutuhan pelatihan (Training Needs Analysis) jika dibutuhkan dan organisasi pengguna jasa menghendakinya.

Untuk biaya dan informasi lebih lengkap silahkan klik link berikut : Proposal Psikotes UPKK – JPC UB