Mahasiswa

Mahasiswa

Informasi Lowongan Pekerjaan

UPT PKK UB menyediakan akses informasi lowongan pekerjaan pada mahasiswa atau pencari kerja baik alumnus Universitas Brawijaya maupun non alumnus. Ini adalah bentuk komitmen UPT PKK sebagai pusat informasi karir bagi mahasiswa. Informasi lowongan pekerjaan akan di publish pada laman website UPT PKK dan media sosial seperti facebook, instagram dan twitter yang dapat diakses oleh pencari kerja melalui pc maupun hand phone. Dengan demikian langkah tersebut diharapakan akan memudahkan para pencari kerja mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dimanapun dan kapanpun.

Informasi lowongan pekerjaan dapat dilihat pada laman website UPT PKK pada bagian Job vacancy mauapun pada media sosial milik UPT PKK (link terdapan pada kontak), beserta jadwal pelaksanaan rekrutmen pada bagian agenda.

Informasi Pemagangan Perusahaan

UPT PKK UB memberi fasilitas informasi pemagangan kepada mahasiswa tingkat akhir yang ingin melakukan kegiatan magang. Sejauh ini UPT PKK telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan yang sedang membuka lowongan pemagangan mahasiswa untuk dapat di publish pada website maupun media sosial UPT PKK UB.

Bagi perusahaan yang sedang membuka lowongan magang mahasiswa, akan diberi akses untuk mempublikasikan informasi tersebut pada website UPT PKK UB agar dapat diakses secara langsung oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari tempat untuk kegiatan magang. Namun informasi ini tidak bersifat rutin diwaktu yang sama, dikarenakan waktu lowongan program magang yang sedang dibuka oleh perusahaan berbeda- beda tergantung dari kebutuhan perusahaan masing- masing.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) BUMN

Program magang mahasiswa bersertifikat adalah hasil kerjasama antara Universitas Brawijaya dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dalam rangka memfasilitasi mahasiswa tingkat akhir yang akan mencari tempat pemagangan. FHCI merupakan forum para pegiat human capital khususnya di 142 badan usaha milik negara (BUMN). Maka dari itu program pemagangan ini akan ditempatkan diberbagai BUMN yang sedang membuka kesempatan magang bagi mahasiswa. Kerjasama ini dilakukan sejak tahun 2019 dengan penandatanganan MoU antara Universitas Brawijaya dengan FHCI yang termasuk didalamnya adalah pelaksanaan program mahasiswa magang bersertifikat bagi mahasiswa Universitas Brawijaya yang sudah diberi kuota sesuai dengan kebutuhan BUMN.

Informasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN, dibuka tiap awal semester yakni di bulan Januari dan Juli. Program tersebut dilaksanakan selama 6 bulan penuh dan akan ditempatkan di berbagai BUMN diseluruh Indonesia. Dengan beberapa keuntungan bagi mahasiswa, diantaranya sertifikat magang BUMN dan uang saku, program ini telah diikuti oleh puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya sejak tahun 2019 (setelah lolos berbagai proses seleksi sebelumnya). Informasi lebih lanjut terkait PMMB dapat dilihat disini (https://pmmb.fhcibumn.com/)

Beberapa ketentuan Program Mahasiwa Magang Bersertifikat BUMN

  1. Magang dilakukan pada tahun Semester ganjil dan genap
  2. Pendaftaran magang dibuka melalui UPT PKK UB dengan mengisi form yang disediakan
  3. Match-Up antara Lowongan BUMN dengan Ketersediaan Peserta PMMB dari Perguruan tinggi dilakukan oleh FHCI
  4. Setelah lolos proses Match-Up, BUMN akan melakukan seleksi secara internal untuk menentukan kelolosan calon mahasiswa magang
  5. Mahasiswa aktif minimal semester 5 (D3) dan semester 7 (S1)
  6. IPK minimal 3.0
  7. Bersedia melaksanakan Magang secara fulltime 6 bulan dan Melaksanakan cuti kuliah bila masih ada SKS yang belum tuntas
  8. Berkas lamaran meliputi:
  9. FC Identitas Diri (KTP/SIM/KTM)
  10. Curriculum Vitae (CV) dibuat semenarik mungkin
  11. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  12. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) jika kurang mampu
  13. Transkrip Nilai
  14. Surat Keterangan Aktif Kuliah
  15. Sertifikat-sertifikat yang dimiliki
  16. FC BPJS (jika ada)
  17. Surat pernyataan/ Pakta Integritas (bagi yang lolos proses Match-Up)

*Informasi diatas dapat berubah-ubah sesuai kebutuhan Universitas dan BUMN

Pelatihan Pembinaan Karir Mahasiswa

Sebagai komitmen dalam upaya pembinaan karir para alumnus, UPT PKK UB memberi fasilitas pelatihan pembinaan karir mahasiswa yang rutin dilaksakan hampir tiap bulan. Agenda tersebut dikemas dalam bentuk workshop ataupun seminar yang banyak membahas tentang persiapan karir bagi fresh graduate. Dalam hal ini, UPT PKK UB bekerjasama dengan banyak perusahaan rekanan maupun ekspertis atau pegiat seleksi psikologi calon pegawai. Tema- tema yang sering diberikan yakni terkait persiapan mental menghadapi tes pegawai, persiapan CV yang menarik, tips dan trik lolos wawancara, dan lain sebagainya.

Beberapa Perusahaan telah melaksanakan seminar pelatihan pengembangan karir di lingkungan UB diantaranya yaitu Kalbe Nutritional, Kapal Api Global, Telkom, Otsuka, Astra Group, dll. Pemateri membagikan beberapa pengetahuan yang berkaitan dengan karir di perusahaan terkait. Berbekal pengalaman bertahun- tahun menangani proses wawancara calon pegawai yang bermacam- macam, penyampaian materi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh audience, serta memberi wawasan baru bagi para peserta seminar yang akan memasuki dunia kerja.

Tidak hanya perwakilan perusahaan, UPT PKK juga beberapa kali mendatangkan motivator dan pegiat seleksi tes psikologi calon pegawai. Peserta seminar akan mendapatkan berbagai tips dan trik melewati seleksi psikologi, membuat cv dan surat lamaran yang bagus, persiapan mental menghadapi interview dan lain sebagainya. Selain persiapan yang matang, motivasi juga dibutuhkan para fresh graduate dalam menghadapi dunia kerja, karena tidak semua alumnus langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, beberapa yang lain harus melalui berkali- kali panggilan tes yang gagal, sehingga kehadiran motivator sangat dibutuhkan untuk menguatkan hati dan mental para alumnus. Menyadari pentingnya hal tersebut, UPT PKK berkomitmen untuk terus membina perkembangan karir bagi alumnus Universitas Brawijaya.

Informasi tentang seminar pengembangan karir akan selalu diperbarui pada laman website UPT PKK UB dan media sosial UPT PKK (instagram, facebook dan twitter).